8 skill dasar yang harus dikuasai oleh para blogger

Hasan Askari: 8 skill dasar yang harus dikuasai oleh para blogger


Ngeblog bagi sebagian masyarakat dipandang sebagai pekerjaan yang amat menyenangkan dan menenangkan. Dengan hanya menyediakan konten saja, para blogger dapat dengan mudah mendapatkan pundi-pundi uang. Katanya sih, para blogger digaji oleh Google Adsense atau para pengiklan yang mau memasang iklan di blognya. 

Namun, sadarkah kita bahwa membangun blog tak semudah yang kita bayangkan. Kita harus mempunyai skill dasar tertentu agar blog kesayangan kita dapat berjalan sesuai harapan. 

Apakah kita pernah mencari skill-skill tersebut? Atau kita sama sekali enggan mencarinya, lantas hanya mengandalkan skill bawaan apa adanya?

Itu semua adalah pertanyaan yang harus kita jawab

Mengapa pertanyaan tersebut harus dijawab? Lihat saja para blogger ulung, mereka sangat cepat mengembangkan blognya, bahkan apabila mereka membuat blog baru, mereka dapat mengangkat blognya ke urutan teratas seperti kilat. Penyebabnya tak lain karena mereka mempunyai skill dan trik yang unik serta ampuh tentang membangun blog. 

Lalu, apakah kita hanya diam saja menonton blogger ulung melesat maju? 
Hei ... mari bergerak
Walaupun kita tau bahwa setiap blogger mempunyai cara uniknya sendiri-sendiri, tapi setidaknya bisa lah kita menyatukan skill-skill unik tersebut lalu merumuskan agar dapat diterapkan oleh semua blogger. 

Nah, berikut ini merupakan 8 skill dasar yang harus dikuasai oleh para blogger:

 1. Mampu menulis
Sebagai penyedia konten, skill menulis amat sangat dibutuhkan. Berbeda dengan YouTube yang kontennya berupa video, pada blog (website) kontennya mayoritas tulisan sehingga kita dituntut untuk merangkai kata. Kecuali blog yang mempunyai niche khusus video atau audio. Tapi bagaimana pun juga, semua pengelola blog harus bisa menulis, minimal dasar-dasarnya. 

Data dan informasi yang menarik akan tersaji apabila kita pandai memilih diksi, merangkai kata, serta menata paragraf. Untuk itu, akan sangat baik jika kita dapat menguasai teknik penulisan secara baik. 

Hal yang bisa kita lakukan agar skill menulis kita meningkat ialah dengan meluangkan waktu belajar tata cara menulis, membaca tulisan orang lain, serta sering-sering menulis.

 2. Mampu mendesain

Dengan meminjam istilah keren dari orang lain, 
Jika gambar dapat mewakili ribuan kata, mengapa tidak menggunakan gambar?
Rasanya tak ada alasan bagi kita untuk tidak menyelipkan gambar pada postingan. Alih-alih menjelaskan topik yang dibahas sekaligus menjadi pelengkap isi bahasan. 

Namun, meminta gambar bukanlah ide yang bagus. Apalagi mencuri gambar tanpa mencantumkan pemiliknya, pasti bergelar ilegal. Sebagai solusinya, kita dapat mendesain gambar sendiri sesuka hati. 

Saat kita mendesain atau membuat gambar sendiri, artinya kita berkontribusi memperkaya gambar di internet. Selain itu, secara tidak langsung, kita mengajak orang lain untuk berkarya dan berkarya. Dalam hal ini memproduksi gambar sendiri.

Kita pun dapat dengan mudah menyesuaikan gambar dengan isi postingan. Sehingga fungsi gambar benar-benar dapat menjelaskan.

Adapun untuk mendesainnya, kita bisa memanfaatkan aplikasi yang sudah ada, misalnya corel draw, photoshop, dsb. Di Android juga sudah mendukung aplikasi serupa, contohnya ialah pixel lab, canva, dsb. 

 3. Mampu berimajinasi dan kreatif
Ketika kita sudah memiliki skill menulis dan mendesain, kita harus juga memiliki skill imajinasi. Tak lain agar konten kita terasa hidup. Imajinasi dapat mengantarkan pikiran kita ke alam bebas yang lebih luas, yang pada akhirnya dapat menghasilkan ide-ide berbeda dari yang lain. Dengan berimajinasi juga kita akan semakin kreatif dalam menyajikan konten. 
Sekarang bukan saatnya berjalan di jalan raya. Pergilah dari jalan raya dan buatlah jalanmu sendiri
 4. Mampu mengolah biaya
Blogger yang hebat biasanya memperhitungkan biaya untuk apapun yang terkait dengan blog. Sebab baginya blog adalah investasi untuk masa mendatang. Logikanya, apabila saat ini kita membuat blog, misal, blog khusus tentang makanan tahu, maka selama tahu masih ada di muka bumi, sudah pasti blog tersebut akan eksis untuk dicari oleh mereka yang butuh informasi mengenai makanan tahu.

Untuk itu, mampu mengolah biaya adalah kegiatan yang harus dilakukan. Sebab semua platform menuntut kita untuk mengeluarkan biaya. Minimal mengeluarkan biaya untuk dapat mengakses internet. Lebih dari itu yaitu membeli domain, hosting, mengiklan, dsb.

 5. Mampu berkonsisten
Masalah yang paling sering dihadapi oleh blogger ialah tidak konsisten menjalankan blognya. Sehingga tinggal menunggu waktu saja, blognya perlahan-lahan mati. Padahal jika kita rajin mengupdate postingan, maka pengunjung akan semakin suka dan peluang mendapat uang receh akan semakin besar.

Sebagai solusinya, biasanya para mastah menyarankan apabila kita tidak bisa setiap hari membuat postingan, setidaknya setiap dua/tiga hari. Jika tidak bisa, seminggu/ dua minggu sekali. Bila tidak bisa juga, sebulan sekali. 

 6. Mampu bersabar
Entah mengapa banyak Blogger tergesa-gesa ingin mendapatkan banyak uang dari blognya. Sampai-sampai mencopy-paste tulisan orang lain ke dalam blognya. Juga, apabila sudah bekerja sama dengan Google Adsense, buru-buru ingin mendapat banyak klik, sampai-sampai mengklik sendiri iklan pada blognya, bahkan melakukan kecurangan lainnya. 
Sabar euy! Blog itu bukan mesin pencetak uang
Bersabar adalah kunci yang terbukti manjur. Dengan adanya sifat sabar, maka minimalnya kita akan merasa tenang serta rasa rakus semakin gampang terkikis.

 7. Mengetahui blog secara teknis
Secara teknis kita harus mengetahui apapun yang terkait dengan blog. Misalnya mengenai template. Seyogianya kita menggunakan template yang pantas digunakan, yaitu: cepat, enak dilihat, dan to the point. Supaya dengan hal tersebut pengunjung akan merasa nyaman berada di blog kita masing-masing.

Selain itu, pengetahuan teknis dapat membantu kita meningkatkan efisiensi dan efektifitas blog. Sehingga kita semakin tepat dan cepat dalam menjalankannya. 

 8. Mampu mengevaluasi
Setelah tujuh skill dikuasai dan diterapkan, kemungkinan besar blog kita akan berjalan dengan pesat. Namun, apabila ternyata blog kita terasa lamban berjalan, maka saatnya bagi kita untuk mengevaluasi. Apakah ada skill yang perlu diperbaiki atau tidak. Di sini kita evaluasi setiap variabel yang terlihat kurang sempurna. 

***

Ya, itu saja mengenai 8 skill dasar yang harus dikuasai oleh para blogger, semoga blog kita dapat bersaing dengan blog para mastah. 

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.